Laman

Jumat, 12 Agustus 2011

Dirut Baru Diberi Kesempatan 1 Bulan Untuk Benahi PDAM Ronda



BA’A, WARTA SELATAN - Bupatai Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM memberikan kesempatan seluasnya kepada Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Rote Ndao, untuk membenahi PDAM Rote Ndao yang selama ini mengalami kerugian, sesuai dengan laporan pertanggungjawabannya.

Hal ini disampaikan Bupati Leonard Haning saat melantik Marthen Kalla, Sip sebagai direktur PDAM kabupaten tersebut di Aula Lantai 3 kantor Bupati Rote Ndao, Rabu (10/09/2011) siang.

Menurut Haning kondisi riil Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Rote Ndao membuktikan bahwa perusahaan tersebut inefesiensi atau berada dalam kondisi sakit sehingga perlu dilakukan langkah terobosan penyehatan, sehingga membutuhakan pemimpin perusahaan yang memiliki kemampuan manajerial yang baik, oleh karena itu pelantikan direktur yang baru hari ini diharapkan mampu membawa perubahan dalam tubuh PDAM Kabupaten Rote Ndao.

Dikatakan Haning, selama ini PDAM Rote Ndao dalam laportan keuangannya selalu mengalami kerugian, sehingga dirinya menyerahkan penuh tanggungjawab menyehatkan PDAM Rote Ndao kepada direktur yang baru untuk melakukan pembenahan sehingga PDAM Rote Ndao jadi salah satu unit usaha milik Pemkab Rote Ndao yang sehat.

“saya berikan waktu 1 bulan untuk direktur baru melakukan pengkajian dan melaporkan kepada saya bagaimana langkah perbaikan yang harus dilakukan untuk menyehatkan PDAM Rote Ndao ke depan,” ujar Haning.

Haning mengatakan, Kedudukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam organisasi pemerintah daerah sebagai lembaga bisnis yang bersifat memberi jasa, menyelenggarakan kemanfaatan umum dan memupuk pendapatan-pendapatan asli daerah dari sumber-sumber yang bukan pajak dalam rangka memberikan kontribusi bagi anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Rote Ndao yang pada akhirnya digunakan untuk membangun untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dikatakan, peranan direktur sangat strategis dalam mengendalikan roda organisasi yang berorientasi profit, sehingga dalam perjalanannya direktur PDAM telah selesai periode masa jabatannya, sehingga dilakukan rekrutmen untuk mengisi periode jabatan berikutnya. Dengan demikian direktur dituntut untuk memiliki kemampuan leadership dan jiwa entrepreneur, sehingga perusahaan yang dipimpinnya memberikan layanan publik yang optimal, sehingga berdampak pada laba demi pengembangan pembangunan dan prospek pengembangan perusahaan kedepan. (fj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar