Laman

Sabtu, 15 Januari 2011

Rote Ndao Tuan Rumah Rapat Sinkronisasi Program Dinkop UMKM NTT



BA’A, WARTA SELATAN – Kabupaten Rote Ndao akan jadi tuan rumah Rapat Sinkronisasi Program Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM) kabupaten/kota se-provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi-UMKM kabupaten Rote Ndao, Drs. Marthen Luther Henunkh, MH kepada wartawan di Ba’a, Sabtu (15/1) siang.

Menurut Henukh, sesuai hasil rapat koordinasi dan evaluasi Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM) provinsi Nusa Tenggara Timur yang dihadiri seluruh Dinkop UMKM kabupaten/kota se-provinsi NTT di Hotel Sasando-Kupang, Desember 2010 lalu, kabupaten Rote Ndao ditunjuk sebagai tuan rumah Rapat Sinkronisasi Program Dinkop UMKM NTT tahun 2011 ini.

Hanya saja, menurut dia, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kepala Dinas Koperasi UMKM NTT menyangkut penunjukan tuan rumah kegiatan dimaksud, barulah dirinya akan melaporkan kepada Bupati Rote Ndao untuk minta petunjuk.

“Memang secara informal dalam rapat di Hotel Sasando-Kupang, Desember 2010 lalu, sudah dibicarakan rencana pelaksanaan rapat sinkronisasi program di Rote Ndao. Kita menunggu surat resmi, sebab bisa saja kegiatan yang sudah diagendakan itu bergeser atau berpindah tempat. Akan tetapi waktu ditanya soal kesiapan Rote Ndao untuk jadi tuan rumah pada kesempatan itu, saya nyatakan siap!! Sebab sebagai salah satu kabupaten penggerak koperasi di NTT tentunya kita harus siap laksanakan kegiatan tersebut,” kata Henukh.

Dijelaskan, penyelenggaraan Rapat Sinkronisasi Program Dinkop UMKM tersebut adalah untuk menyamakan sudut pandang Dinkop UMKM provinsi dengan Dinkop UMKM kabupaten/kota se- NTT dalam program dan pelaksanaan kegiatan untuk menunjang NTT sebagai provinsi Koperasi.

Sebelumnya diberitakan, untuk tahun anggaran (TA) 2011, Dinkop UMKM kabupaten Rote Ndao memprogramkan Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop) dan Penguatan Kelembagaan Koperasi (PKK) yang diarahkan untuk menunjang penetapan kabupaten Rote Ndao sebagaio salah satu kabupaten “Penggerak Koperasi” di Indonesia oleh pemerintah pusat tahun 2010 lalu.

Untuk kegiatan Gemaskop, Dinkop UMKM Rote Ndao akan melaksanakan sosialisasi ke seluruh desa yang ada di kabupaten Rote Ndao sehubungan dengan telah ditetapkannya Rote Ndao sebagai kabupaten Penggerak Koperasi, serta pentingnya koperasi sebagai wadah pertumbuhan ekonomi rakyat. Dan, dari kegiatan Gemaskop ini, diharapkan setiap desa di kabupaten Rote Ndao ada satu buah koperasi.

Sementara untuk Penguatan Kelembagaan Koperasi (PKK), pihak Dinkop UMKM kabupaten Rote Ndao akan melaksanakan tiga kegiatan inti, yakni 1) Pelatihan Manajemen Perkoperasian bagi Pengurus Koperasi; 2) Revitalisasi koperasi yang sudah tidak aktif; dan 3) perkuatan modal usaha bagi Koperasi dan UMKM lewat dana perkuatan modal bauk dari APBD kabupaten Rote Ndao, APBD provinsi NTT dan APBN. (fj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar