Laman

Minggu, 06 Februari 2011

Pekerjaan Pembangunan 4 Dermaga di Rote Ndao Segera Dimulai



BA’A, WARTA SELATAN –
Fasilitas Pelabuhan (faspel) Laut dermaga Ba’a, Batutua, Papela dan Ndao di kabupaten Rote Ndao yang menggunakan dana APBN sebesar Rp. 37,54 milyar dalam waktu dekat akan dilaksanakan pembangunannya.

Demikian dikatakan Adpel Ba’a kabupaten Rote Ndao, Usman Husin, SE kepada koran ini di kantornya, Sabtu (5/2) siang.

Dijelaskan Usman Husin, proses pelelangan empat paket pembangunan lanjutan empat faspel di kabupaten Rote Ndao sudah selesai dilaksanakan, dan diumumkan pada 25 Januari 2010 lalu. Dimana saat ini dalam persiapan penandatanganan kontrak kerja antara pemilik proyek dan rekanan pemenang lelang.

“Kami rencanakan penandatanganan kotrak pada 14 Februari yang akan datang, sehingga setelah penandatanganan kotrak pekerjaan sudah bisa dimulai,” kata dia.

Menurut Usman, untuk paket pembangunan faspel dermaga Ba’a, akan dikerjakan oleh PT. Dian Sentosa-Surabaya dengan harga penawaran Rp. 26.098.430.000,00. Dermaga Batutua pemenang lelangnya PT. Pilar Dasar Membangun-Manado dengan harga penawaran Rp. 8.693.680.000,00. Dermaga Papela akan dibangun oleh CV. Tirta-Magelang dengan dana Rp. 2.399.000.000,00. Dan untuk pengadaan karet fender dermaga Ndao Rp. 350.770.000,00 dikerjakan oleh CV. Karya Baru-Pandaan.

Menyinggung seluruh pemenang tender adalah perusahaan luar provinsi NTT, Usman Husin katakan, memang pekerjaan pembangunan faspel ini sangat spesifik sehingga ada juga kontraktor lokal yang mendaftar untuk mengikuti lelang tapi akhirnya mengundurkan diri dan tidak ikut proses lelang selanjutnya.

“Perlu diketahui bahwa panitia sudah membuka kesempatan seluas-luasnya bagi perusahaan yang berminat, jadi tidak ada pembedaan mana yang lokal dan yang luar. Dan setelah melalui seleksi pemenangnya mereka yang dari luar NTT semua,” kata Usman Husin.

Ditambahkan, proses lelang empat paket pekerjaan faspel di Rote Ndao tersebut digandeng dengan paket pembangunan lanjutan faspel dermaga Naikliu, kabupaten Kupang, yang secara administratif berada dalam wilayah kerja administratur pelabuhan Ba’a.

Pekerjaan pembangunan faspel dermaga Naikliu, kabupaten Kkupang itu dikerjakan oleh PT. Siwa Prestasi Gemilang-Ambon dengan harga penawaran Rp. 8.688.770.000,00. (fj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar